Kolaborasi model pentahelix, Ketua PK KNPI Karangpawitan : Program Desa Wisata Harus Melibatkan Peran Serta Pemuda Daerah



GARUT | Pemerintah Kabupaten menegaskan proyeksi sektor wisata melalui program desa wisata akan menjadi unggulan di tahun 2025 yang akan datang, hal tersebut di sampaikan Bupati Garut pada acara Workshop peningkatan Aparatur Desa dan pengelola Bumdes, UMKM dan IKM, di Villa Kayu Desa Jati, pada selasa tanggal 10 Agustus lalu, (12-8-2021)

Atas pemberitaan tersebut, KNPI sebagai sebuah entitas didalam masyarakat yang didalamnya terdapat para pemuda merasa perlu menyampaikan bahwa dalam Kolaborasi Model Pentahelix, Masyarakat/Komunitas/NGO perlu menjadi bagian yang wajib di ikut sertakan dalam suksesi program pemerintah ini. Ungkap Heqi.

Ketua DPK KNPI Kecamatan Karangpawitan Heqi Irfani menyampaikan salah satu alasan mengapa pengembangan desa wisata harus melibatkan para pemuda di daerah, sesuai dengan keterangan resmi dari Bapak Budi Arie Setiadi, Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi yang mengatakan Desa Wisata harus bersanding dengan Desa Digital karena tanpa konektivitas digital maka keindahan sebuah desa wisata bisa jadi tak berarti apa-apa. Dan pengaplikasian koneksi digital. harus didukung oleh kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang memadai, dan saya boleh mengatakan kemampuan tersebut terdapat pada generasi - generasi muda. 

Heqi menambahkan, " pada prinsipnya pembangunan desa harusnya menjadikan warga desa sebagai subjek pembangunan. Dalam artian warga desa lah yang menjadi subjek utama pengembangan desa wisata tersebut,, jangan sampai dimonopoli pihak luar, dan Desa hanya menjadi pelaksana di lapangan, dengan bersumber dari ide dan gagasan dari warga desa itu sendiri, suasana kebatinan yang terbangun untuk mewujudkan desa wisata secara gotong royong akan terbangun, paparnya. 

Dan oleh karena itu, pengembangan desa wisata harus melibatkan para generasi muda. Menurutnya, semangat kerja keras dan inovasi dari para pemuda-pemudi di desa cenderung dapat menghasilkan karya luar biasa. Pungkasnya(dera taopik)
Powered by Blogger.