Tindaklanjuti Perintah Kapolres Purwakarta, Polsek Purwakarta Kota Sosialisasi Antisipasi PMK



PURWAKARTA - Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta, bergerak cepat pasca merebaknya penyakit mulut dan kaki (PMK) yang menyerang hewan ternak sapi seperti yang dilakukan Polsek Purwakarta Kota yang langsung melakukan sosialisasi dan pengecekan hewan ternak warga.

Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto, melalui Kapolsek Purwakarta Kota, Kompol H Januaryono mengatakan, imbauan tersebut guna mengantisipasi penyebaran wabah PMK pada hewan ternak seperti sapi di wilayah hukum Polsek Purwakarta Kota. 

"Tindak lanjut instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan arahan yang diberikan Pak Kapolda Jawa Barat serta Kapolres Purwakarta, kami langsung melakukan identifikasi terhadap hewan ternak warga dalam rangka mencegah penyebaran Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) pada hewan ternak," ungkap Januaryono, pada Rabu 18 Mei 2022.

Ia menambah, dirinya bersama bhabinkamtibmas telah melakukan pengecekan ke setiap peternakan sapi, kambing dan kerbau milik warga  di wilayah hukum Polsek Purwakarta Kota. 

"Kita bersama Koordinator Penyuluh Teknis Peternakan Kecamatan (PTPK) setempat lakukan sosialiasi dan pengecekan ke lokasilokasi. Alhmdulilah sejauh ini belum ditemukan adanya penularan penyakit mulut dan kuku di wilayah hukum Polsek Purwakarta Kota," Ucap Januaryono. 

Kapolsek menjelaskan, sampai saat ini kondisi hewan ternak warga di wilayah hukum Polsek Purwakarta Kota aman tanpa ada penularan wabah PMK.

“Namun kita tetap mengingatkan warga agar menjaga kebersihan kandang dan melakukan penyemprotan anti-virus,” ucapnya. 

Januaryono mengimbau kepada masyarakat yang memiliki hewan ternak seperti sapi, kambing maupun kerbau agar melakukan pengecekan kesehatan secara rutin.

"Waspadai jika hewan peliharaan kontak langsung dengan hewan lain diluar daerah, penyakit ini mudah menular, jika ditemukan maka segera laporkan kepada pihak Kepolisian atau kepada Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Purwakarta apabila menemukan gejala penyakit ini." Imbau Januaryono. 

Diketahui, untuk gejala yang dialami hewan ternak yang terkena PMK ciri-cirinya ialah adanya luka pada lidah, gusi, hidung dan bagian mulut yang pada umumnya menyerang hewan ternak yang berkuku genap, seperti sapi, kuda, kambing termasuk domba. (Td)
Powered by Blogger.