Diskominfo Purwakarta Dorong KIP dalam Tata Kelola PPID



PURWAKARTA - Seiring dengan tuntutan era globalisasi, keterbukaan untuk memperoleh informasi semakin hari mengalami desakan yang cukup signifikan. Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dalam tata kelola Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) disetiap Perangkat Daerah, Kecamatan hingga ke tingkat Kelurahan pada implementasinya harus dilakukan secara maksimal.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta, Rudi Hartono pada agenda Rapat Koordinasi Standar Layanan Informasi Publik di Prime Plaza Hotel, Kota Bukit Indah, Purwakarta, Kamis 09 Juni 2022.

"Keberadaan PPID, untuk pengimplementasian katerbukaan informasi publik hingga ke tinggkat kelurahan akan membantu masyarakat yang akan menyampaikan permohonan informasi lebih mudah dan tidak berbelit, karena dilayani lewat satu pintu, seperti yang diamanatkan oleh UU nomor 14 tahun 2008 tentang KIP," kata Rudi Hartono kepada awak media.

Kedepan, tambah Rudi, jajarannya akan melakukan langkah-langkah yang diperlukan dalam upaya pengimplementasian keterbuakaan infomasi publik pada PPID. "Langkah-langkah tersebut diantaranya dengan menggelar bimtek dan uji konsekuensi untuk mendorong implementasi KIP dalam tata kelola PPID," kata Rudi.


Kadiskominfo juga menegaskan, dalam rangka memaksimalkan implementasi keterbukaan informasi publik, jajarannya juga melakukan upaya-upaya peningkatan kapasitas SDM operator TIK pada badan publik di Purwakarta dengan berbagai pelatihan dan peningkatan kapasitas.

Rakor yang mengambil tema; Mendorong Keterbukaan Informasi Publik dalam Tata Kelola PPID di Kabupaten Purwakarta yang digelar Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) pada Diskominfo Purwakarta itu menghadirkan narasumber Ketua Komisi Informasi (KI) Jawa Barat,  Ijang Faisal, dengan peserta perwakilan atau PPID dari seluruh Perangkat Daerah, Kecamatan dan Kelurahan di Kabupaten Purwakarta.

Dalam agenda tersebut, hadir juga Asda Bidang Pemerintahan, dan Kesejahteraan Rakyat, Asda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Asda Bidang Administrasi Umum, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Kesejahteraan Rakyat, Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Staf Ahli Bidang SDM, Keuangan dan Administrasi, Inspektur dan Kabag Hukum Setda Kabupaten Purwakarta.

Peningkatan Kapasitas Operator TIK

Terpisah, Bidang Aplikasi Informatika (Aptika) pada Diskominfo Purwakarta juga menggelar pelatihan untuk peningkatan SDM dan kapasitas para operator TIK yang bertugas di kantor-kantor dinas atau Perangkat Daerah, Kecamatan hingga Kelurahan.

Kepala Bidang Aplikasi Informatika (Aptika) Yus Djunaedi Rusli dalam keterangannya mengatakan, untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang cerdas atau smart government yang sejalan dengan implementasi Smart City Kabupaten Purwakarta diperlukan dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, salah satunya dalam di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

"Dalam upaya peningkatan kapasitas SDM tersebut, Diskominfo menyelenggarakan pelatihan untuk peningkatan SDM dan kapasitas para operator TIK yang bertugas di kantor-kantor dinas atau perangkat daerah, kecamatan hingga kelurahan," kata Yus Djunaedi.

Menurutnya, pelatihan dan peningkatan kapasitas operator TIK ini dikemas dalam bentuk kegiatan outdoor dengan nama Jambore IT, yang digelar selama dua hari, tanggal 8 dan 9 Juni 2022 di Bumi Perkemahan Cijalu Resort.

"Konsepnya adalah pelatihan TIK dengan disisipkan kegiatan tambahan berupa camping dan  tim building sebagai upaya membangun kekompakan antar Operatoar TIK. Para peserta juga mengikuti sejumlah pelatihan diantaranya, dasar-dasar jurnalistik, instalasi OS dan video editing," deminkian Yus Djunaedi.(Disk/Td)
Powered by Blogger.